Kamis, 17 Juni 2010

TRIK TRIK DALAM USAHA FOTOCOPY

Setelah kita bahas 2 bab sebelumnya, mari kita bahas untuk mendalami ilmu di dunia fotocopy,
bab 3.
  • pelayanan. meliputi bagaimana kita bersikap sebagai costumer service profesional yang mengutamakan 3S yaitu Senyum Salam Sapa, menunjukkan sikap bersahaja untuk melayani konsumen dengan rasa ikhlas. sehinnga konsumen akan terlihat nyaman dengan sikap kita. berikan sesuatu yang lebih dari apa yang merika minta.. seerta ucapkan terima kasih pada setiap akhir.
  • kwalitas dari produk kita. meliputi hasil fotocopy, apakah sudah memenuhi standart yang bagus atau sekedar ada hasil saja, tidak perduli ada garis bahkan sulit terbaca karena mesin yang kita gunakan sudah tidak layak pakai lagi. solusi servis atau perbaharui mesin.
  • harga. meliputi standart harga jual di daerah sekitar kita. bila sekitar kita mereka patok harga Rp. 125,- / lembar, kita setidaknya paling tinggi juga pakai harga segitu. kalau kita jual lebih tinggi, pastinya juga tidak ada pembeli yang berlangganan. pastikan harga kita harus kompetitif dengan yang lain, dengan kualitas yang lebih bagus dari yang lain. pasti toko kita jaul lebih ramai dari yang lain.
  • tempat. meliputi kenyamanan tempat yang kita sediakan kepada konsumen. apakah ada ruang tunggu, dengan kursi yang nyaman. bila tidak mereka jadi jenuh waktu menunggu proses fotocopy yang memakan waktu. klo sebentar mungkin mereka tidak terlalu ambil pusing. tapi bila dokumen yang mereka gandakan harus dengan pengawasan karena begitu rahasia maka mereka butuh tempat yang nyaman. juga berlaku bagi konsumen yang lain.
itu hanya standart saja, bila kita mau lebih sukses,,, jauh lebih cepat.
maka anda harus melakukan promosi dan update salalu trik2 selanjutnya.
  1. contoh Promo. kita lihat dulu calon / konsumen kita, apakah hadiah yang tepat buat mereka, contoh: bila lokasi kiita di lingkungan anak2 sekolahan SD, SMP, SMA, maka hadiahnya seperti: alat tulis (ballpoin, pencil, penggaris, buku, pin, dan aksesoris) dengan perhitungan hadiah maksimal 5% dari keuntungan yang kita peroleh. misal bila kita memberikan hadiah ballpoin dengan kisaran harga Rp. 1.000,- maka kita berikan waktu mereka transaksi pembelian minimal Rp. 70.000,- dengan asumsi keuntungan 30%. bila kita mau lebih ekstrim boleh berikan pada waktu transaksi Rp. 25.000,- dengan limit. misal 5 pembeli pertama yang transaksi min 25rb mendapatkan ballpoin tersebut, setelahnya harus lebih dari 70rb.
  2. bila kita mau lebih ekstrim lagi, berikan reward bagi pelanggan setia dengan cara adakan doorprice yang menarik dengan contoh sebagai berikut: doorprice kita adakan 3bln sekali dengan hadiah, tv 21", hp, hadiah hiburan, dll. dengan cara berikan kupon dengan cara minimal transaksi min 25rb berlaku kelipatannya, dengan asumsi omset anda harus bisa mengcover biaya hadiahnya dengan perhitungan sbb: misal kita biasa omset per bulan 30jt dengan asumsi keuntungan bersih 30% maka kita dapatkan pendapatan berish 9 jt/bln, kita boleh 5% untuk hadiah doorprice. jadi 3 bln terkumpul Rp. 1.350.000,-. jadi hadiah yang kita keluarkan harus +/- Rp. 1,350,000. bila terget kita mengena, misal sebelum promo dan doorprice biasa kita omset 30jt/bln, tapi dengan promo kita bisa dongkrak omset menjadi 60jt/bln kita boleh berikan doorprice yang lebih lagi. maka konsumen merasa di untungkan dan kita jauh lebih untung.
cukup itu dulu, untuk selanjutnya kita bahas bab2 lainnya untuk posting selanjutnya.

salam sukses....

2 komentar: